KEKAYAAN ALAM KITA INDONESIA, ADALAH KEBANGGAAN TERBESAR KITA

Minggu, 13 November 2016

SUMATERA BARAT

    Sumatera Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang mempunyai beragam jenis obyek wisata. Kalau mendengar nama kota ini, kita akan langsung terbayang dengan Jam Gadang dan rendang yang masuk jadi salah satu makanan terenak di dunia. Masih penasaran dengan  tempat wisata di Sumatera Barat dan Obyek wisatanya? Ayo kita telusuri lokasi wisata Sumbar satu demi satu.

   Danau Singkarak
Danau Singkarak
Danau Ini adalah danau paling besar di daerah Sumatera Barat. Panjang Danau Singkarak mencapai 21 km. Di area wisata ini selain pemandangan yang indah, dapat kita temukan juga fasilitas berupa sampan, boat, dan penginapan. Tempat bersantai pun ada di sekitar Danau tersebut.
Di danau singkarak ini memiliki pemandangan yang indah, banyaknya pepohonan yang membuat cuaca rindang dan tidak terlalu panas . Sehingga tidak heran jika banyak para wisatawan yang datan berkunjung ke danau singkarak ini .

Alamat : Jalan Raya Padang Panjang-Solok.



    Danau Diatas dan Danau Dibawah
Danau Diatas dan Danau DibawahDanau yang satu ini dikenal pula dengan Danau Kembar. Apabila ditempuh dari Kota Padang jaraknya kurang lebih 56 km dan jika anda menempuh perjalanan dari Solok jaraknya 47 km. Daya tarik dari obyek wisata ini adalah apabila anda ingin mengunjungi Danau Di Bawah, maka harus berjalan lewat jalan mendaki.
Kalau anda ingin mengunjungi Danau Di Atas, maka harus berjalan lewat jalan yang menurun. Di sekeliling area danau kita dapat jumpai tanaman berupa sayur mayur, kentang, dan buah markisa.

 Alamat : Desa Pasar Simpang, Kecamatan Lembayang Jaya, Kabupaten Solok.



    Lembah Harau
Lembah HarauLembah Harau termasuk sebuah cagar alam yang mempunyai bukit kapur cukup curam dengan ketinggian antara 100-150 meter. Jika anda menempuh perjalanan dari Payakumbuh jaraknya kurang lebih 14 km untuk sampai Lembah Harau.
Setiba di obyek wisata yang satu ini kita dapat melakukan kegiatan keliling cagar alam dan menikmati indahnya 5 buah air terjun yang selalu mengalir dengan air begitu jernih. Rencananya Lembah Harau akan dikembangkan jadi taman margasatwa yang pertama ada di luar Jawa.



     Istana Pagaruyung
Istana PagaruyungPembangunan istana ini dilakukan oleh keluarga Kerajaan Pangaruyung (Batusangkar) dengan ciri khas Minangkabau. Pangaruyung sebetulnya merupakan kediaman Raja Minangkabau dan dijadikan sebagai pusat pemerintahan juga. Akan tetapi kini, rumah gadang tersebut adalah replika istana yang asli dan mempunyai lukisan dinding luar serta atap yang bentuknya unik mirip dengan tanduk kerbau.
Di dalam istana berisi barang peninggalan kerajaan yang begitu terawat. Suasana sekeliling istana sangat indah dengan hawa yang sejuk.

Alamat : Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar.

    Pulau Cubadak
Pulau CubadakPulau ini merupakan salah satu obyek wisata berskala internasional yang mempunyai 13 bungalow dan 1 suite dengan arsitektur alam. Lokasinya di pesisir selatan, tepatnya wilayah Mandeh.
Beberapa sarana yang ada di sini antara lain adalah peralatan untuk fishing, snorkeling, dan diving. Ada juga fasilitas dermaga dan motor boat sehingga akan menguji adrenalin anda untuk mencoba segala fasilitas permainan yang ada di pulau cubadak ini dan banyak sekali para wisatawan yang datang berkunjung ke tempat wisata ini.


     Pulau Sikuai
Pulau SikuaiPulau ini lokasinya di sisi barat Sumatera, dapat ditempuh dengan kapal angkutan khusus dengan jarak 35 menit dari dermaga Airud Bungus. Di pulau yang satu ini, kita bisa menikmati panorama pantai indah, panjat tebing, trekking keliling pulau, sampai jelajah hutan alam.
Wisatawan dapat menginap di hotel resort yang lengkap dengan adanya hotel bintang dua. Resort ini memiliki 21 cottage dengan kapasitas 45 kamar sehingga ands tidak perlu takut tidak memiliki tempat untuk penginapan karena sudah disedikan dekat dengan pulau sikuai ini.




     Selancar Mentawai
Selancar MentawaiKabupaten Kepulauan Mentawai ini memiliki ibukota Tua Pejat-Sipora. Lokasinya dapat ditempuh lewat jalur laut dalam waktu 6-10 jam. Jika kita tempuh dari Kota Padang, jaraknya sekitar 135 km.
Pantai di Kepulauan Mentawai mempunyai panorama yang indah dan pasir putih membentang. Pulau ini sangat populer dikalangan peselancar, lokasi selancar yang menantang adalah disekeliling Pulau Sipora dan Siberut sehingga akan menguji adrenalin anda untuk mencoba berselancar dan mencoba segala fasilitas yang ada di tempat ini. Dan pantai inipun tidak pernah sepi dengan pengunjung yang datang ke tempat ini.


     Air Terjun Lembah Anai
Air Terjun Lembah AnaiLembah Anai terbentang di sepanjang jalan Kota Padang ke Bukittinggi. Nama Lembah Anai sudah terkenal di kalangan wisatawan. Ketika anda melewati jalan itu, akan anda jumpai sebuah air terjun dengan ukuran yang tak begitu besar (sedang) berlokasi di pinggiran jalan.
Selain jadi salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi wisatawan karena lokasinya yang unik, berbeda dengan kebanyakan air terjun, pemandangan Lembah Anai sendiri memang mempesona dan memanjakan mata sepanjang perjalanan dan merupakan salah satu air terjun di Indonesia.



     Jam Gadang
Jam GadangTempat yang merupakan ikon atau simbol dari Kota Bukittinggi dan identik dengan Sumatera Barat ini tepat berdiri di tengah-tengah kota. Anda bisa pula naik ke gedung Jam Gadang.
Tidak lengkap rasanya kalau liburan ke Bukittinggi, Sumatera Barat, akan tetapi tak berkunjung ke sini.  Oh, ya, Jam Gadang ini berarti jam besar yang merupakan khas dari daerah sumatera barat dan merupakan objek yang banyak disukai para wisatawan karena dengan jam yang besar dan keunikan dari jam gadang ini.



     Museum Bung Hatta
Museum Bung HattaMuseum yang satu ini sesuai dengan namanya, pada jaman dahulu memang merupakan  tempat tinggal atau rumah Bung Hatta. Ketika memasuki museum, akan tampak banyak  koleksi yang berupa benda-benda milik Bung Hatta.
Diantaranya adalah jam antik, kursi, meja, lemari, buku, sepeda, sampai dengan tempat tidur. Jadwal buka museum Bung Hatta adalah setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 (Senin-Jumat) dan pukul 09.00-14.00 (Sabtu-Minggu). Diluar jadwal tersebut, masuk museum ini tidak akan membayar atau gratis.

0 komentar:

Posting Komentar